21.4.10

Pertarungan 4 Hard Disk 500 GB

Sekitar beberapa bulan yang lalu WD merilis hard disk pertama berkapasitas 2 TB dan produsen lainpun segera mengikuti. Namun meski harganya merosot terus, maoritas user tidak membutuhkan hard disk berkapasitas sebesar itu dan belum ada alasan untuk membelanjakan dana ekstra untuk ruang hard disk yang mungkin (tidak) dibutuhkan di belakang hari.

Lagi pula para vendor hard disk mengatakan bahwa segmen hard disk mainstream 3.5" untuk desktop masih berkisar 320 GB dan 500 GB. Nah inilah alasan mengapa kita menitikberatkan pembahasan topik ini...

500 GB Cukupkah?

Para enthusiast mungkin menggelengkan kepala. Namun apa yang terjadi dengan media storasi PC jika anda menyingkirkan si rakus kapasitas seperti file video ato musik? Hard disk 500 GB pun menjadi begitu lapang untuk menginstall sistem operasi, seabrek aplikasi, dan beberapa game, plus ruang memadai buat file-file pribadi seperti foto, dokumen, dan data kerja.

Jadi kebutuhan rata-rata user masihlah berada di bawah 500 GB. Anda dapat membandingkan dengan kapasita notebook mainstream saat ini. Hard disk 2.5" sekarang berkapasitas 160 GB sampai 320 GB, dan orang umumnya masih merasa nyaman dengan angka tersebut.

Relokasi Storasi

Tidak dapat disangkal, kebutuhan storasi terus meningkat. Namun kebutuhan justru datang dari perangkat yang lain. Kian hari kian banyak digital TV box dilengkapi fungsi Personal Video Recorder (PVR) yang memungkinkan pemiliknya merekam tayangan sesuai jadwal atau menyimpan video berdasar time shifting di hard disk.

Game cosole seperti Sony Playstation 3 dan Microsoft Xbox 360 juga menggunakan hard disk. Data multimedia tidak akan lagi disimpan di PC tetapi di media server atau perangkat NAS--dan perangkat ini pula membutuhkan hard disk pula. Alhasil, PC tidak lagi menual pusat hidup digitalpun, bukan lagi satu=satunya tempat hard disk sebagai sumber kekuatan.

Harga adalah Pembatasnya

Harga selalu menjadi pembatas utama dalam memilih hard disk, karena user dapat menunda kebutuhan storasi bila dana memaksa demikian. Tulisan ini lebih memilih pasar hard disk mainstream 3.5" mengingat memungkinkan kita mendapatkan hard disk 500 GB di bawah $60. Harganya bersaing, tetapi manakah hard disk mainstream yang terbaik?

1 komentar:

faza mengatakan...

nice..................................

Posting Komentar