16.3.10

penerimaan cpns


Pemkot Bidik 300 PNS Baru
Rabu, 03 Maret 2010 - 10:06

Usulkan ke Menpan Pengganti PNS Pensiun

MOJOKERTO - Pemkot Mojokerto mulai membidik para calon pegawai negeri sipil (PNS) baru pada tahun 2010. Tidak tanggung-tanggung jumlah yang bakal dipersiapkan sebagai pengganti PNS karena pensiun mencapai 300 orang. Itu terbagi atas rekrutmen 2010 dan cadangan tenaga tahun 2011.

Guna merealisasikan hal itu Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Mojokerto kini sudah mempersiapkan formasi-formasi yang dibutuhkan. Agar tidak berdampak pada pelaksanaan pelayanan masyarakat.

Kepala BKD Irfan Soegijanto mengatakan, keberadaan para calon PNS selama dua tahun itu memang perlu dipersiapkan sejak awal. Menyusul pada tahun 2010 ini, setidaknya sekitar 200 lebih PNS telah memasuki masa purna. ''Agar nanti tidak mengganggu pelayanan karena banyak yang sudah memasuki masa pensiun, maka sangat perlu untuk kita usulkan calon PNS untuk formasi yang dibutuhkan," ungkapnya, kemarin.

Memang, sejauh ini jumlah PNS di lingkup Pemkot Mojokerto dengan variatif golongan dan pangkat mencapai 3.400 orang. Namun, jumlah tersebut perlahan-lahan mulai menyusut seiring masa pensiun di tahun 2010 dan 2011. ''Rata-rata kalau kita menghitung perbulan mencapai 8 orang. Dan itu banyak dari mereka yang duduk sebagai staf,'' terangnya.

Dia menuturkan, untuk sementara formasi yang diusulkan sesuai kebutuhan. Diantaranya dokter spesialisi untuk melengkapi RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo sebagai kelas B, jajaran staf dan proyeksi calon PNS untuk memenuhi personil satpol PP sebanyak 30 orang. ''Tapi sebagian besar yang kita btuhkan sekarang adalagh tenaga guru. Terutama guru tingkat SD. Kalau untuk SMP dan SMP sepertinya sudah terpenuhi," imbuhnya.

Namun atas usulan itu, pemkot tidak dapat berharap banyak. Sebab, sesuai ketentuan yang ada, penyediaan tenaga PNS baru di daerah harus mempertimbangkan anggaran negara. Terutama dalam hal pemberian gaji kepada korps berseragam cokelat keki itu. ''Ya memang harus disesuaikan dengan kekuatan anggaran negara. Tapi setidaknya kita sudah mengusulkan apa yang dibutuhkan oleh pemerintah kota," tambah Irfan.

Disinggung kapan masa rekrutmen CPNS di lingkup kota di gelar, Irfan justru berharap agar hal itu lekas dilaksanakan. Namun jika dikaitkan dengan kondisi kewenangan, pemkot pasti akan menggelar manakala sudah mendapat lampu hijau dari pemerintah pusat.

''Biasanya antara bulan Juni-Juli. Tapi informasi yang kami terima tahun bisa dipercepat. Bisa juga April atau Mei," tukasnya. Akan tetapi, supaya kebutuhan tenaga di masing-masing satuan kerja pemerintah daerah (SKDP) terpenuhi, BKD akan terus mengiventarisir PNS yang pensiunan.

''Memang kemarin sempat ada perubahan dalam pengisian format formasi. Makanya semua akan kita perbaiki, termasuk mendata mereka (PNS, Red) yang pensiun dalam waktu dekat," katanya. (ris/yr)
Sumber : Radar mojokerto



0 komentar:

Posting Komentar